Perbaikan Tata Letak Fasilitas Stasiun Painting Unit Work Fabrication PT. ATMI Surakarta dengan Systematic Layout Planning

Prianggana, Adila (2019) Perbaikan Tata Letak Fasilitas Stasiun Painting Unit Work Fabrication PT. ATMI Surakarta dengan Systematic Layout Planning. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (150Kb)

    Abstract

    PT. ATMI Surakarta adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam peralatan perkantoran dan sekolah, laboratorium, bengkel, rumah tangga, dan sebagainya. Tata letak Stasiun Painting Unit Work Fabrication PT. ATMI Surakarta yang ada saat ini mengharuskan pekerja untuk memindah-mindahkan barang secara bolak-balik dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut mengakibatkan terlalu banyaknya pemindahan material, membuat pekerja lebih lelah dalam proses pemindahan, dan menghabiskan lebih banyak biaya material handling. Alasan lain perbaikan tata letak perlu dilakukan adalah kurangnya alokasi area limbah powder sehingga limbah-limbah berlebih harus terpaksa ditaruh di tempat yang tidak semestinya. Dengan menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP), dapat dibuat dua tata letak usulan. SLP merupakan prosedur yang telah banyak digunakan selama dekade terakhir dan telah terbukti menjadi teknik yang berguna bagi perusahaan baik secara akademis maupun praktis. Perbedaan jarak dan biaya dari kedua usulan akan muncul secara kuantitatif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak usulan 1 mampu memberikan penghematan biaya material handling sebesar 6,2% atau Rp508.056,16 dan tata letak usulan 2 sebesar 7,28% atau Rp595.659,98.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 13:49
    Last Modified: 05 Apr 2019 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43476

    Actions (login required)

    View Item