Perbandingan Model Pembelajaran Remap-TPS (Reading Concept Map-Think Pair Share) dengan STAD (Students Team Achievement Division) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA

LABIQOH, FARHANA (2019) Perbandingan Model Pembelajaran Remap-TPS (Reading Concept Map-Think Pair Share) dengan STAD (Students Team Achievement Division) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    Farhana Labiqoh. K4314030. Perbandingan Model Pembelajaran Remap-TPS (Reading Concept Map-Think Pair Share) dengan STAD (Students Team Achievement Division) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Remap-TPS dengan model pembelajaran STAD terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri Gondangrejo yang menerima materi sel. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebanyak 64 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan posttest only group desain. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas, kelas kontrol menerapkan model pembelajaran STAD dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Remap-TPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes keterampilan berpikir kreatif berisi soal uraian dan data angket respon siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan rata-rata skor keterampilan berpikir kreatif pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen, yaitu kelas eksperimen lebih tinggi (62.75%) daripada kelas kontrol (58%). Persentase rata-rata skor tiap aspek pada kelas eksperimen adalah 6.05% (fluency), 6.19% (flexibility), 5.51% (originality), 5.54% (elaboration), sedangkan persentase rata-rata skor tiap aspek pada kelas kontrol adalah 6.91% (fluency), 6.62% (flexibility), 5.07% (originality), 5.54% (elaboration). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Remap-TPS dengan model pembelajaran STAD terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Biologi. Kata kunci: Remap-TPS, STAD, keterampilan berpikir kreat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Patasik Irene
    Date Deposited: 02 Apr 2019 13:52
    Last Modified: 02 Apr 2019 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43473

    Actions (login required)

    View Item