PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

MAULITA, SEPTHI RIA (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik instrumen penilaian two-tier multiple choice yang dikembangkan; 2) mengembangkan instrumen penilaian two-tier multiple choice yang memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik; 3) mengetahui profil keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sebagai bentuk laporan yang informative. Pengembangan instrumen penilaian two-tier multiple choice merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunkan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Validasi instrumen menggunakan formula Aiken dengan 9 validator ahli. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) instrumen yang dikembangkan terdiri dari 20 soal berindikator HOTS berbentuk two-tier multiple choice untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik; 2) instrumen penilaian two-tier multiple choice dinyatakan valid berdasarkan validasi isi dan layak berdasarkan uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan indeks pengecoh; 3) profil keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu 52,7% untuk indikator menganalisis, 38,7% untuk indikator mengevaluasi dan 39,3% untuk indikator mencipta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 12:50
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43459

    Actions (login required)

    View Item