PENGARUH OPINI GOING CONCERN, KEBANGKRUTAN, DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan di Indonesia)

ENDIRAMURTI, SAKTIANA RIZKI (2019) PENGARUH OPINI GOING CONCERN, KEBANGKRUTAN, DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan di Indonesia). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1858Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengacu pada issue yang sedang terjadi di perusahaan BUMN Indonesia, khususnya dalam masalah keberlangsungan (going concern). Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti secara empiris mengenai pengaruh antara opini going concern, kebangkrutan, dan karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Sampel yang digunakan berupa perusahaan BUMN non-keuangan di Indonesia, yang terdiri dari 54 perusahaan selama periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan alat bantu statistik berupa perangkat lunak Eviews versi 9.0. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari empat hipotesis penelitian diterima, di mana opini audit going concern dan karakteristik perusahaan yang dinilai melalui ukuran serta umur perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar dan semakin lama perusahaan berdiri, maka perusahaan akan menyajikan sustainability report secara lebih lengkap. Semakin lengkapnya penyajian sustainability report tersebut menjadi salah satu faktor penting auditor dalam menentukan opini audit going concern di dalam laporannya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 12:19
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43457

    Actions (login required)

    View Item