ANALISIS ASPEK KOHESI, KOHERENSI, DAN KONTEKS PADA BERITA BERBAHASA JAWA DI RRI SURAKARTA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA KELAS VIII SMP

Narimo, Ragil (2019) ANALISIS ASPEK KOHESI, KOHERENSI, DAN KONTEKS PADA BERITA BERBAHASA JAWA DI RRI SURAKARTA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA KELAS VIII SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Ragil Narimo. K4214039. ANALISIS ASPEK KOHESI, KOHERENSI, DAN KONTEKS PADA BERITA BERBAHASA JAWA DI RRI SURAKARTA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA KELAS VIII SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk aspek kohesi pada berita berbahasa Jawa yang ada di RRI Surakarta; (2) bentuk aspek koherensi pada berita berbahasa Jawa yang ada di RRI Surakarta; (3) bentuk aspek konteks pada berita berbahasa Jawa yang ada di RRI Surakarta; (4) relevansi berita berbahasa Jawa sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Jawa kelas VIII SMP. Data dalam penelitian adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung aspek kohesi, koherensi, dan konteks pada berita berbahasa Jawa di RRI Surakarta. Adapun untuk sumber data adalah dari dokumen dan informan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Kebakkramat. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dan VIII C dengan teknik purpusive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik analisis dokumen dan teknik wawancara. Analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang dimulai dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) penggunaan kohesi pada berita berbahasa di RRI Surakarta meliputi kohesi leksikal dan gramatikal. Kohesi leksikal yang ditemukan meliputi repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi. Adapun untuk kohesi gramatikal yang ditemukan meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi; (2) penggunaan koherensi pada wacana berita berbahasa Jawa di RRI Surakarta meliputi koherensi berpenanda maupun tidak berpenanda. Koherensi berpenanda yang ditemukan meliputi hubungan makna adisi, hubungan makna kontras, hubungan makna kausalitas, hubungan makna kondisi, hubungan makna tempo, hubungan makna intensitas, dan hubungan makna similaritas. Adapun pada koherensi tidak berpenanda yang ditemukan meliputi hubungan penambahan, hubungan perlawanan, hubungan sebab akibat, hubungan waktu, hubungan syarat, hubungan penjelasan, dan hubungan penyimpulan; (3) penggunaan konteks pada wacana berita berbahasa Jawa di RRI Surakarta meliputi konteks linguistik, epistemis, fisik, dan sosial. Aspek kohesi, koherensi, dan konteks pada wacana berita berbahasa Jawa di RRI Surakarta membentuk wacana tersebut menjadi koheren; (4) relevansi antara berita berbahasa Jawa yang ada di RRI Surakarta dengan materi ajar di SMP kelas VIII sesuai dengan silabus pada kelas VIII semester I pada kurikulum 2013. Kata kunci: kohesi, koherensi, konteks, relevansi, materi ajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 12:19
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43454

    Actions (login required)

    View Item