Analisis Penataan Ruang Kantor Dinas Pendidikan Surakarta dalam Mencapai Efisiensi Kerja Pegawai(Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Surakarta Tahun 2018)

, Mutiah (2019) Analisis Penataan Ruang Kantor Dinas Pendidikan Surakarta dalam Mencapai Efisiensi Kerja Pegawai(Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Surakarta Tahun 2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mutiah. K7514041. ANALISIS PENATAAN RUANG KANTOR DINAS PENDIDIKAN SURAKARTA DALAM MENCAPAI EFISIENSI KERJA PEGAWAI (Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Surakarta Tahun 2018). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) Kondisi penataan ruang kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta, (2) hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penataan ruang kantor di Dinas Pendidikan Kota Surakarta dalam mencapai efisiensi kerja pegawai, (3) solusi apa yang dapat dilaksanakan dan digunakan untuk menyelesaikan hambatan-hambatan tata ruang kantor Dinas Pendidikan Kota Surakarta untuk mencapai efisiensi kerja pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kantor Dinas Pendidikan Surakarta masih menghadapi beberapa masalah tata ruang kantor, seperti tidak ada sekat untuk ruang Kepala Subbagian, dokumen yang tidak tertata dengan baik; (2) Hambatan yang dihadapi Dinas Pendidikan Surakarta dalam hal tata letak kantor, seperti dalam mengatur meja kerja; kurangnya ruang untuk penyimpanan arsip dan furnitur tambahan yang tidak terpakai, sehingga itu bisa mengurangi kenyamanan karyawan; (3) Dalam hal mengatasi hambatan yang ada, kantor Dinas Pendidikan Surakarta telah melakukan beberapa upaya seperti: mengusulkan untuk pengadaan barang (filling cabinet dan arsip rak); mengurangi meja kerja yang tidak terpakai dan mengatur ulang meja kerja, sehingga dapat meningkatkan kenyamana kerja pegawai; (4) Dalam hal menentukan tata letak kantor terbuka, memasang pembatas antara pimpinan dan bawahan belum dilakukan, akan tetapi pencahayaan, sirkulasi udara, keamanan, kebersihan dan keindahan, kantor Dinas Pendidikan Surakarta sudah memberikan kenyamanan bagi pegawai. Kata kunci: penataan ruang kantor, dinas pendidikan surakarta, efisiensi kerja pegawai

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 12:19
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43452

    Actions (login required)

    View Item