Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Implementasi Problem Based Learning (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPIT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2017/2018)

NURDYANI, FEBRIAN (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Implementasi Problem Based Learning (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPIT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2017/2018). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (115Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan implementasi Problem Based Learning, khususnya pada saat siswa melakukan investigasi kelompok. Kemampuan berpikir kreatif yang diukur pada penelitian ini adalah fluency, flexibility, dan originality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebelum penelitian, peneliti melakukan observasi awal untuk menentukan subjek penelitian. Observasi penelitian dilakukan dengan cara mengobservasi siswa yang mempunyai ciri pribadi kreatif pada saat pembelajaran matematika dengan Problem Based Learning. Siswa dikatakan mempunyai ciri pribadi kreatif jika siswa memenuhi kriteria menjadi kebiasaan. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu siswa yang mempunyai ciri pribadi kreatif dari kelas VIII-B2. Pengambilan data dilakukan dengan observasi pada saat pembelajaran matematika dengan implementasi Problem Based Learning, Lembar Aktivitas Siswa dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu, data valid dianalisa menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada aspek fluency, siswa mengajukan pertanyaan ke guru dan ke teman sekelompoknya, siswa mengungkapkan gagasan-gagasanya untuk menyelesaikan Lembar Aktivitas Siswa secara lancar dan siswa menghasilkan jawaban lebih dari satu dari suatu masalah matematika yang terdapat di Lembar Aktivitas Siswa secara benar. Pada aspek flexibility, siswa menjelaskan percobaan yang harus dilakukan berdasarkan sudut pandangnya kepada teman sekelompoknya, siswa memberikan pertimbangan terkait suatu hal yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas, dan siswa menghasilkan jawaban dari suatu masalah matematika yang terdapat di Lembar Aktivitas Siswa secara benar dan beragam. Pada aspek originality, siswa membuat pengertian dengan bahasa sendiri dari suatu hal dan siswa menghasilkan jawaban dari suatu masalah matematika yang terdapat di Lembar Aktivitas Siswa dengan jawaban yang baru dan berbeda dengan yang lain. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, fluency, flexibility, originality, pembelajaran matematika, problem based learning.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 11:11
    Last Modified: 28 Mar 2019 11:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43445

    Actions (login required)

    View Item