Tindak Tutur Direktif dan Kesantunan Pemakaian Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

RUKHANA, FATIMAH (2019) Tindak Tutur Direktif dan Kesantunan Pemakaian Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Tindak tutur direktif dan kesantunan pemakaian bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) merupakan peristiwa berbahasa yang sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif dalam pemakaian bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing; (2) bentuk pematuhan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing; (3) strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas Muhammadiyah Purwokerto; dan (4) kendala-kendala yang dihadapi pengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, peristiwa, dan dokumen.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik simak bebas libat catat, teknik transkripsi data, dan wawancara.Pada penelitian ini, teknik analisis data menggunakan metode analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk tindaktutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing memanfaatkan bentuk perintah, permintaan, nasihat, ajakan, dan larangan.; (2) bentuk pematuhan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing terdiri darimaksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian; dan (3) strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing memanfaatkan strategi kesantunan positif yang terdiri dari strategi 2, strategi 3, strategi 6, dan strategi 8; dan (4) kendala-kendala yang dihadapi pengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, terdiri dari kurangnya penguasaan kosakatadan kurangnya motivasi belajar. Kata kunci: tindak tutur direktif, kesantunan berbahasa,strategi kesantunan positif, BIPA, bahasa kedua

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 28 Mar 2019 11:11
    Last Modified: 28 Mar 2019 11:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43444

    Actions (login required)

    View Item