PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJAEAN 2018/2019

WELINDA, JILLA (2019) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJAEAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (188Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Jilla Welinda. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2019. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model snowball throwing dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang melalui model snowball throwing dengan multimedia, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model snowball throwing dengan multimedia dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan multimedia dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model snowball throwing dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) penyampaian materi dari guru dengan multimedia; (b) pembentukan kelompok dan penyampaian materi kepada ketua kelompok; (c) penyampaikan materi dari ketua kelompok kepada anggotanya; (d) pemberian tugas dengan menggunakan lembar kerja siswa untuk menuliskan pertanyaan; (e) pembentukan kertas seperti bola dan dilemparkan ke kelompok lain; (f) mendapat bola dan menjawab pertanyaan secara bergantian; (g) evaluasi dan penutup; (2) penerapan model snowball throwing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I 62,94%, siklus II 78,56%, dan siklus III 92,25%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I adalah 60,11%, siklus II 75,44% dan siklus III 89,43%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I 63,04, siklus II 76,09%, dan siklus III 89,43%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) masih sedikit siswa yang berani bertanya dan guru kurang merangsang siswa untuk bertanya; (b) siswa kurang aktif dalam memberi tanggapan hasil diskusi dikarenakan beberapa siswa menganggap sudah bisa; adapun solusi yang diberikan peneliti adalah (a) guru merangsang siswa untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran; (b) Memberi reward pada siswa yang memberi tanggapan supaya lebih termotivasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model snowball throwing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: snowball throwing, multimedia, peningkatan pembelajaran, IPS ABSTRACT Jilla Welinda. APPLICATION OF SNOWBALL THROWING LEARNING MODEL WITH MULTIMEDIA IN IMPROVING IPS LEARNING ABOUT STRUGGLE AGAINST NETHERLANDS AND JAPANESE ASSESSMENT IN CLASS V STATE 1ST WONOSARI STATE ACADEMIC YEAR 2018/2019. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Surakarta, February 2019. The objectives of this study are: (1) to describe the steps to implement the snowball throwing model with multimedia, (2) improve social studies learning about the struggle against Dutch and Japanese occupation through the snowball throwing model with multimedia, (3) describe the obstacles and solutions to the application of the snowball throwing model with multimedia in improving social studies learning for fifth grade students of SD Negeri 1 Wonosari. This research is a collaborative classroom action research (CAR) carried out in three cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were fifth grade students of SD Negeri 1 Wonosari in the 2018/2019 academic year, totaling 23 students. The data used in the form of qualitative data is the application of the snowball throwing learning model with multimedia and quantitative data that is on the test of learning outcomes in social studies subjects. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. Data validity uses technique triangulation and sources. Analysis of quantitative and qualitative data includes data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that: (1) the application of the snowball throwing model with multimedia to improve social studies learning about the struggle against Dutch and Japanese occupation was carried out by steps namely: (a) material delivery with multimedia;, (b) group formation and material delivery; ( c) the group leader submits the material to its members; (d) assigns the task using the student worksheet to write questions; (e) forms the paper like a ball and throws it at another group; (f) gets the ball and answers the question alternately; (g) evaluation and closing; (2) the application of the snowball throwing model with multimedia can improve social studies learning about the struggle against Dutch and Japanese occupation in fifth grade students of SD Negeri 1 Wonosari Academic Year 2018/2019 as evidenced by the results of teacher observation in the first cycle 62.94%, cycle II 78.56%, and cycle III 92.25%. The average percentage of student observation results in the first cycle is 60.11%, second cycle 75.44% and cycle III 89.43%. Completeness of learning outcomes in cycle I 63.04, cycle II 76.09%, and cycle III 89.43%; (3) the constraints in this study are: (a) there are still few students who dare to ask questions and the teacher does not stimulate students to ask questions; (b) students are less active in giving responses to the results of discussions because some students consider that they can; As for the solutions provided by researchers are (a) the teacher stimulates students to ask questions by giving questions to students related to learning material; (b) giving rewards to students who give responses so they are more motivated. The conclusion of this study is that the application of the snowball throwing model with multimedia can improve social studies learning about the struggle against Dutch and Japanese occupation in class V students of SD Negeri 1 Wonosari in the academic year 2018/2019. Keywords: snowball throwing, multimedia, increased learning, IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 27 Mar 2019 11:24
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43428

    Actions (login required)

    View Item