Penggunaan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SDN 3 Waluyo Tahun Ajaran 2018/2019

HARYANTI, ARUM (2019) Penggunaan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SDN 3 Waluyo Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arum Haryanti. PENGGUNAAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SDN 3 WALUYO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2019. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model Experiential Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya, (2) meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya dengan penggunaan model Experiential Learning, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Experiential Learning dalam peningkatan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 3 Waluyo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 peserta didik. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu penggunaan model Experiential Learning dan data kuantitatif yaitu hasil belajar IPA peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model Experiential Learning dilaksanakan dengan langkah-langkah (a) Concrete Experience, (b) Reflective Observation, (c) Abstract Conceptualization, dan (d) Active Experimentation; (2) model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 3 Waluyo tahun ajaran 2018/2019 yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 76,33% menjadi 92,63% pada siklus II; serta (3) kendala yang ditemui yaitu: (a) peserta didik sulit memahami materi; (b) peserta didik malu mempresentasikan hasil diskusi; (c) peserta didik kurang aktif menjawab pertanyaan; (d) peserta didik tidak fokus dalam pembelajaran; dan (e) peserta didik kesulitan menyampaikan pendapat dengan jelas; adapun solusinya yaitu: (a) memberikan bimbingan yang lebih; (b) semua anggota kelompok maju tetapi mempresentasikan hasil diskusi secara individu; (c) memberikan penghargaan bagi peserta didik yang aktif; (d) memberikan pengawasan yang lebih; dan (e) membimbing saat peserta didik penyampaian pendapat. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 3 Waluyo tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: experiential learning, ilmu pengetahuan alam, panas dan perpindahannya ABSTRACT Arum Haryanti. THE USE OF EXPERIENTIAL LEARNING MODEL TO IMPROVE THE RESULTS OF NATURAL SCIENCE LEARNING ON THE THEME OF HEAT AND ITS TRANSFER IN GRADE V STUDENTS IN SDN 3 WALUYO IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, February 2019. This study aimed (1) to describe the steps of using the Experiential Learning model to improve science learning outcomes on the theme of Heat and its Transfer, (2) improve natural science learning outcomes on the theme of Heat and its Transfer with the use of Experiential Learning models, and (3) describe the solution to use the Experiential Learning model in improving science learning outcomes on the theme of Heat and its Transfer. This research is a collaborative classroom action research (CAR) carried out in two cycles. Each cycle consists of the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were teachers and students of fifth grade in SDN 3 Waluyo in Academic Year 2018/2019, totalling 27 students. Data were analyzed in the form of qualitative data, namely the use of Experiential Learning models and quantitative data, namely learning outcomes of natural science students. The technique of collecting data used tests, observations, and interviews. Data validity Test used technical triangulation and source triangulation. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicated that: (1) the Experiential Learning model was carried out with the following steps: (a) Concrete Experience, (b) Reflective Observation, (c) Abstract Conceptualization, and (d) Active Experimentation; (2) Experiential Learning models could improve natural science learning outcomes on the theme of Heat and its Transfer in grade V SDN 3 Waluyo in Academic Year 2018/2019 as evidenced by the percentage of completeness of learning outcomes in the first cycle of 76.33% to 92.63% in cycle II; and (3) obstacles encountered included: (a) students had difficulty in understanding the material; (b) shy students presented the results of the discussion; (c) students were less active in answering questions; (d) students did not focus on learning; and (e) students had difficulty in expressing opinions clearly. The solutions include (a) providing more guidance; (b) inviting all members of the group to come forward but present the results of the discussion individually; (c) giving awards to active students; (d) providing more supervision; and (e) guiding when students convey their opinions. The conclusion in this study indicated that the use of Experiential Learning models could improve natural science learning outcomes on the theme of Heat and its Transfer in the fifth grade of SDN 3 Waluyo in Academic Year 2018/2019. Keywords: experiential learning, natural science, heat and its transfer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 27 Mar 2019 11:20
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43427

    Actions (login required)

    View Item