MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KALIREJO TAHUN AJARAN 2018/2019

Novitasari, Dwi (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KALIREJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (206Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Novitasari. MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA CITA-CITAKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KALIREJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, serta (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas IV SDN 3 Kalirejo tahun ajaran 2018/2019. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan keterampilan berpikir kritis, serta data kuantitatif yaitu hasil tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku diterapkan dengan langkah-langkah: (a) pemilihan topik, (b) pembelajaran kelompok, (c) pelaksanaan investigasi, (d) pengolahan dan penyajian data, (e) presentasi, dan (f) evaluasi; (2) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku yang dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi yang didukung hasil tes pada setiap siklus, yaitu keterampilan berpikir kritis dengan kriteria baik dan sangat baik diperoleh persentase sebesar 87,5% pada siklus I, 88% pada siklus II, dan 88% pada siklus III dengan didukung hasil tes dengan persentase tuntas 87,5% dengan nilai rata-rata 73,17 pada siklus I, 88% dengan nilai rata-rata 75,06 pada siklus II, dan 88% dengan nilai rata-rata 80,70 pada siklus III serta didukung hasil wawancara; serta (3) kendala yang terjadi antara lain: (a) kesulitan dalam mengidentifikasi topik dan (b) kekurangan waktu. Adapun solusinya yaitu: (a) memberikan stimulus yang lebih jelas dan (b) mempersingkat waktu investigasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku pada siswa kelas IV SDN 3 Kalirejo tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, IPS, berpikir kritis. ABSTRACT Dwi Novitasari. IMPROVING CRITICAL THINKING SKILLS IN SOCIAL STUDIES LEARNING WITH THE THEME ENTITLED “MY GOALS” THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODEL OF GROUP INVESTIGATION TYPE IN THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 3 KALIREJO IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Universitas Sebelas Maret. January 2019. This study aimed: (1) to describe the steps on the application of group investigation type of cooperative learning model, (2) to improve critical thinking skills in social study learning with the theme entitled “My Goals” through group investigation type of cooperative learning model, and (3) to describe problems and solutions on the use of group investigation type of cooperative learning model to improve critical thinking skills in social studies learning. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. The subjects of the research were a teacher and 25 students of the fourth grade of SDN 3 Kalirejo in Academic Year 2018/2019. The data used were in the form of qualitative data, namely the use of group investigation type of cooperative learning model and critical thinking skills, and quantitative data, namely the test result of learning outcomes. The technique of collecting data used observation, interviews, and tests. Data validity used technique of triangulation and sources. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research indicated: (1) the use of group investigation type of cooperative learning model to improve critical thinking skills in social studies learning with the theme entitled “My Goals” for the fourth grade students of SDN 3 Kalirejo in Academic Year 2018/2019 implemented by the following steps: (a) choosing topic, (b) creating group learning, (c) conducting an investigation, (d) processing and presenting data, (e) presentation, and (f) evaluation; (2) the use of group investigation type of cooperative learning model could increase the critical thinking skills in social studies learning with the theme entitled “My Goals” as evidenced by an increase in observation and test result in every cycle, there are: critical thinking skills with good criteria and very good criteria with the percentage of 87.5% in the first cycle, 88% in the second cycle, and 88% in the third cycle with support by test result with percentage of completeness of 87.5% with average value of 73.17 in the first cycle, 88% with average value of 75.06 in the second cycle, and 88% with average value of 80.70 in the third cycle also supported by interview; and (3) the problems encountered, namely: (a) difficulty in identifying topics and (b) lack of time. Solutions for these problems are: (a) providing a clearer stimulus and (b) shortening the time of investigation. The conclusion of this research indicated that the use of group investigation type of cooperative learning model could improve critical thinking skills in social studies learning with the theme entitled “My Goals” for the fourth grade students of SDN 3 Kalirejo in Academic Year 2018/2019. Keywords: group investigation type of cooperative learning model, social studies, critical thinking.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 27 Mar 2019 11:12
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43425

    Actions (login required)

    View Item