Efektivitas Penggunaan Media Boneka Jari Terhadap Kejujuran Anak

Zamrani, Anisa Rizki (2019) Efektivitas Penggunaan Media Boneka Jari Terhadap Kejujuran Anak. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Anisa Rizki Zamrani, K8114006. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KEJUJURAN ANAK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2018 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media boneka jari terhadap kejujuran anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ini sejumlah 26 anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 55 Surakarta dan TK Islam Bakti IX Surakarta.teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Validitas instrumen menggunakna validitas konstrak. Data dikumpukan dengan observasi untuk mengukur kejujuran anak. Analisis data menggunakan t-test dengan SPSS 20 for windows. Hasil analisis data pada uji independent sample t-test menunjukkan rata￾rata pretest pada kelompok eksperimen 21,69 dan rata-rata posttest kelompok eksperimen 25,00 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 21,15 pada saat pretest meningkat menjadi 23,15 pada saat posttest. Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,002 dimana dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi ρ > 0,05. Hasil analisis data menunjukkan terdapat efektivitas penggunaan media boneka jari terhadap kejujuran anak. Kata kunci : boneka jari, kejujuran anak, anak usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 27 Mar 2019 11:05
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43424

    Actions (login required)

    View Item