Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan Gedung Kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

F, Euis Lailatul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan Gedung Kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (219Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Euis Lailatul Fauziah. K1514030. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB SMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan Gedung kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan tes evaluasi. Penelitian ini menggunakan analisis data secara statistik deskriptif untuk menilai hasil pembelajaran yang kemudian ditarik kesimpulan sebagai akhir proses penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dari setiap siklus, yaitu dengan persentase sebesar 9,09% pada pra siklus menjadi 27,27% pada siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 63,63% pada siklus II (2) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor yaitu dilihat pada peningkatan hasil nilai siswa dari tahap pra siklus, siklus I, dan Siklus II. Persentase pada ranah Kognitif yaitu dari 9,09% pada tahap Prasiklus menjadi sebesar 59,1% pada Siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 72,73% pada Siklus II. Pada ranah Afektif dengan kriteria lebih dari sama dengan (≥) baik yaitu dari 9,09% pada Prasiklus menjadi 27,27% pada Siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 63,64% pada Siklus II. Sedangkan pada ranah Psikomotor dengan kriteria lebih dari sama dengan (≥) baik yaitu dari 9,09% pada Prasiklus menjadi sebesar 22,73% pada Siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 81,82% pada Siklus II. Berdasarkan data yang didapat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam hasil belajar tersebut, disimpulkan bahwa persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai yaitu hanya sekitar 4,55% atau hanya 1 (satu) orang dari keseluruhan 22 orang siswa yang mendapat predikat Tuntas dalam ketiga ranah tersebut pada tahap Pratindakan, kemudian meningkat menjadi 13,64% atau 3 orang pada Siklus I, dan kembali mengalami peningkatan yaitu menjadi 50% atau 11 orang siswa pada Siklus II. Kata Kunci : Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar ABSTRACT Euis Lailatul Fauziah. K1514030. APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING LEARNING MODEL TO IMPROVE ACTIVITIES AND STUDENT LEARNING OUTCOMES ON INTERIOR AND EXTERIOR BUILDING PICTURE LESSONS OF CLASS XI TGB SMK GANESHA TAMA BOYOLALI ACADEMIC YEAR 2017/2018. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, November 2018. This study aims to: (1) find out the improvement of student learning activeness (2) find out the improvement of student learning outcomes in the subjects of Interior and Exterior Building Picture Lessons of Class XI TGB in SMK Ganesha Tama Boyolali through the implementation of Project Based Learning model. This research is a classroom action research (CAR) carried out in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were class XI students of TGB SMK Ganesha Tama Boyolali on subjects such as Interior Building and Exterior Building. Data obtained from observation, interviews, and evaluation tests. This study uses descriptive statistical data analysis to assess learning outcomes which are then drawn conclusions as the end of the research process. The results of the study show that (1) The application of the Project Based Learning learning model can increase student learning activeness from each cycle, namely with a percentage of 9.09% in the pre-cycle to 27.27% in the first cycle, and then again increasing to 63.63 % in cycle II (2) The application of Project Based Learning learning models can improve student learning outcomes in the Cognitive, Affective, and Psychomotor domains, which is seen in the increase in student scores from the pre-cycle, cycle I, and Cycle II stages. The percentage in the Cognitive domain is from 9.09% at the Pre-cycle stage to 59.1% in Cycle I, and then again increases to 72.73% in Cycle II. In the Affective realm, the criteria of more than equal (≥) are good, namely from 9.09% in Pre-cycle to 27.27% in Cycle I, and then again increase to 63.64% in Cycle II. Whereas in the Psychomotor domain the criteria of more than equal (≥) are good, namely from 9.09% in Pre-cycle to be 22.73% in Cycle I, and then again increase to 81.82% in Cycle II. Based on the data obtained from the cognitive, affective, and psychomotor domains in the learning outcomes, it was concluded that the percentage of the level of completeness of student learning outcomes increased in each cycle. The level of completeness of student learning outcomes achieved is only about 4.55% or only 1 (one) person out of a total of 22 students who received the Complete predicate in the three domains at the Pratindakan stage, then increased to 13.64% or 3 people at Cycle I, and again experienced an increase of 50% or 11 students in Cycle II. Keywords: Project Based Learning, Activity, Learning Outcomes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 27 Mar 2019 10:54
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43423

    Actions (login required)

    View Item