Kontibusi Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Girimarto

R, ACHMAD NOVRIZAL (2019) Kontibusi Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Girimarto. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    Achmad Novrizal Rizqi. K3111001. KONTRIBUSI KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skrispi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 3 Girimarto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik saturation sampling (jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan nilai hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji data menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. 0.004 dimana lebih kecil dari angka probabilitas 0.05, maka hipotesis diterima. Hal tersebut berarti kedisiplinan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 3 Girimarto. Dengan adanya penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini diharapkan menjadi acuan pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling dalam membantu peserta didik berkaitan dengan kedisiplinan belajar dan prestasi belajar. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 25 Mar 2019 14:12
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43422

    Actions (login required)

    View Item