SISTEM ZONASI BAGI SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION (DIDIPLIN) PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Andina, Yhuma Vega (2019) SISTEM ZONASI BAGI SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION (DIDIPLIN) PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (285Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yhuma Vega Andina. K6414058. SISTEM ZONASI BAGI SISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN CIVIC DISPOSITION (DISIPLIN) PADA KELAS X SMA N 1 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Sistem Zonasi di SMA N 1 Karanganom; 2) Peningkatan Civic Disposition (Disiplin) Siswa Kelas X atas diberlakukannya Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin siswa kelas X SMA N 1 Karanganom tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan data kuantitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Simpulan hasil penelitian: 1) Penerapan Sistem Zonasi bagi Siswa di SMA N 1 Karanganom; Prosentase zona pada sistem zonasi di SMA N 1 Karanganom belum sesuai dengan Ketentuan Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru. Data alamat siswa menunjukkan bahwa pembagian zona menjadi 3 zona di SMA N 1 Karanganom tidak dilaksanakan sesuai peraturan. Pada tahun ajaran 2017/2018 tercatat 65,93% masuk ke dalam zona 1, hal tersebut menunjukkan bahwa prosentase zona 1 tidak sesuai dengan ketentuan yang seharusnya yaitu sebesar 50%. Zona 2 pada tahun ajaran 2017/2018 juga tidak sesuai dengan ketentuan karena menunjukkan prosentase 32,13% yang seharusnya sebesar 40% pada zona 2. Zona 3 pada tahun ajaran 2017/2018 juga tidak sesuai ketentuan karena prosentase tidak mencapai 10%, namun hanya sebesar 2,04%. 2) Implikasi Civic Disposition (Disiplin) Siswa SMA N 1 Karanganom memiliki kecenderungan sikap ‘Cukup’ pada implementasi adanya sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yakni dengan rincian 46% siswa memiliki kecenderungan sikap ‘baik’, 6% siswa memiliki kecenderungan sikap ‘terpuji’, dan sisanya 48% siswa memiliki kecenderungan sikap ‘cukup’. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin, antara lain “Pengaruh kebiasaan yang sulit untuk diubah seperti kebiasaan bangun kesiangan, pemalas, menggampangkan sesuatu, harus mengantar adik atau orang tua ke suatu tempat, menjadi peniru kelakuan yang didapat dari lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga”. Kata Kunci: Sistem Zonasi, Civic Disposition, Disiplin ABSTRACT Yhuma Vega Andina. K6414058. ZONING SYSTEM FOR STUDENTS AND IMPLICATIONS FOR IMPROVING CIVIC DISPOSITION (DISCIPLINE) OF CLASS X SMA N 1 KARANGANOM KLATEN DISTRICT ACADEMIC YEAR 2017/2018.Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sebelas Maret November 2018. This study aims to determine: 1) Application of zoning systems in SMA N 1 Karanganom; 2) Increasing the civic disposition (discipline) of clas X students SMA N 1 Karanganom on the enactment of a zoning system on the acceptance of new students; 3) Factors that influence student discipline of clas X SMA N 1 Karanganom Academic year 2017/2018. This study uses a qualitative approach reinforced with quantitative data and case study methods. Data collection using observation, interview, documentation, and questionnaire. Testing data validity using triangulation data and triangulation method. Data analysis using interactive analysis method. Conclusion of the results of the study: 1) The application of a zoning system for students of SMA N 1 Karanganom; The percentage of zones in the zoning system is not in accordance with the zoning provisions on new student admissions. Shows that the division of zones into 3 zones in SMA N 1 Karanganom is not implemented. In the 2017/2018 school year 65,93% was entered into zone 1, it shows that the percentage of zone 1 is not in accordance with the provisions that are equal to 50%. Zone 2 in the 2017/2018 school year is also not in accordance with the provisions because it shows a percentage of 32,13% which should be 40% in zone 2. Zone 3 in the 2017/2018 school year is also not in accordance with the provisions because the percentage does not reach 10%, but only at 2,04%. 2) Implications of civic disposition (discipline) Students of SMA N 1 Karanganom have a tendency to ‘Enough’ attitude towards the implementation of the zoning system on the acceptance of new students, namely with the details 46% of students have a tendency to ‘Good’ attitude, 6% of students have a tendency to ‘Commendable’ attitude, and the remaining 48% of students have a tendency to ‘Enough’ attitude. 3) Factors that influence discipline, among others, “The influence of habits that are difficult to change such as the habit of waking up late, lazy, something and so forth, such as having to take a younger sibling or parent to a place, become a copycat of the behaviors obtained from the school environment, community, and family . Keywords: Zoning System, Civic Disposition, Discipline

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 25 Mar 2019 14:05
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43421

    Actions (login required)

    View Item