Keefektifan Teknik Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Ajaran 2018/2019

Nurhasanah, Nida (2019) Keefektifan Teknik Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nida Nurhasanah. K3114035. KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELOGIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Januari 2019. Latar belakang dilaksanakan penelitian ini yaitu setiap kelas VIII di SMP N 1 Selogiri terdapat peserta didik yang menunjukkan ciri-ciri individu yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi rendah jika dibiarkan akan menjadikan prestasi belajarnya semakin rendah dan akan mempengaruhi keberhasilannya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik self regulated learning untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selogiri tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 12 peserta didik dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang dibagi menjadi 6 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 6 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan teknik Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Statistic versi 20. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah pemberian treatment pada kelompok eksperimen. Treatment berupa teknik self regulated learning untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah teknik self regulated learning efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selogiri tahun ajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk memperdalam pemahaman pelaksanaan teknik self regulated learning untuk meningkatkan motivasi berprestasi bagi peserta didik serta dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk berinovasi atau dilakukan kolaborasi dengan teknik yang lain dengan subjek yang lebih banyak dan pada bidang layanan yang lain. Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Self Regulated Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 25 Mar 2019 13:46
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43419

    Actions (login required)

    View Item