PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BENTENGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018)

ABIDAH, ANNISA FATHONI (2019) PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BENTENGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (191Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Annisa Fathoni Abidah. K8114007. Peningkatan Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi,Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2019. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerjasamamelalui permainan bentengan pada anak usia 5-6 tahun TK BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas partisipan (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK BA Aisyiyah Jati Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja. Penelitian ini telah diuji validitas datanya menggunakan triangulasi sumber juga triangulasi tekhnik. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis datadeskriptif komparatifdan analisis data kualitatif menggunakan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan anak dalam bekerjasama melalui permainan bentengan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan kemampuan anak dalam bekerjasama pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan kerjasama anak 50% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal kemampuan kerjasama pada anak85,71%.Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan kerjasama anak dalam bermain dengan teman, berbagi dengan orang lain dan bersikap kooperatif.Kesimpulannya setelah distimulasi dengan permainan bentengan nilai rata-rata kemampuan kerjasama pada anak sebesar 85,71% maka kemampuan kerjasama anak meningkat atau berada di kriteria baik.. Kata kunci: Kerjasama, Permainan Bentengan, Anak Usia 5-6 Tahun ABSTRACT Annisa Fathoni Abidah. K8114007. Improve the cooperation ability through game bentengan (classroom action research to children’s age 5-6 year TK BA Aisyiyah Jati Sukoharjo in academic year 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty,Sebelas Maret Univercity, January 2019. This research was aimed to improve the cooperation ability through game bentengan to children’s age 5-6 year TK BA Aisyiyah Jati Sukoharjo in academic year2017/2018. This research used qualitative and quantitative approach. The research design was Classroom Action Research Partisipation (CAR) that is explained byArikunto. It was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of planning, action,observation and reflection. The subjects of this research were the 14 students of group B TK BA Aisyiyah Jati in academic year 2017/2018. They were 7 boys and 7 girls. Thedata resources of this research were the informant that consists of teachers and students. The techniques of collecting data were conducted through observation,interviews, documentations and tests in the form of performance.This research has to check the validity of data uses source triangulation and technique triangulation.The analyzed of quantitative data descriptif comparative and analyzed qualitative data used descriptive interactive. The result of the research showed that there were students’ improvementsin ability of cooperation ability through game bentengan from pre-researh to cycle I and from cycle I to cycle II. This study showed that increased childrens’ cooperation ability the first cicle gains 50% and in cycle II gains 85.71%. The conclusion is the improvement of childrens’ cooperation ability reached 85.71% showed that the cooperation ability of students is in the good criteria or increasing. Key words: Cooperation, Bentengan Games, Children Aged 5-6 Years

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 25 Mar 2019 13:08
    Last Modified: 28 Mar 2019 12:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43414

    Actions (login required)

    View Item