ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN GAYA DAN HUKUM NEWTON SISWA KELAS VIII SMP AL HADI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

W, FITRIA AYU (2019) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN GAYA DAN HUKUM NEWTON SISWA KELAS VIII SMP AL HADI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (225Kb)

    Abstract

    Fitria Ayu Wulandari. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN GAYA DAN HUKUM NEWTON SISWA KELAS VIII SMP AL HADI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sebelas Maret Surakarta. April. 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Al Hadi dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Gaya dan Hukum Newton, (2) faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa kelas VIII SMP Al Hadi melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Gaya dan Hukum Newton. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Al Hadi. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VIII A dan VIII E yang masing-masing kelas terdiri dari 26 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan antara data hasil observasi kegiatan, data jawaban soal tes, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal Fisika materi Gaya dan Hukum Newton adalah (1) kesalahan konsep (72,22%) berupa kesalahan dalam memahami konsep Gaya dan Hukum Newton, baik pada konsep Gaya maupun Hukum Newton I, II, dan II; (2) kesalahan strategi(68,52%) berupa kesalahan memilih cara yang tidak tepat dalam mengerjakan soal yang disebabkan siswa lupa, kurang teliti, kurang latihan soal, terburu-buru, dan kekurangan waktu (3) kesalahan terjemahan (62,96%) berupa kesalahan dimana subjek tidak dapat menerjemahkan maksud soal secara tepat, yang disebabkan siswa lupa, tidak memahami simbol Fisika dari data-data yang disebutkan pada soal, dan kurang teliti dalam membaca serta memahami maksud soal; (4) kesalahan hitung (37,04%) berupa kesalahan dalam melakukan operasi hitung, yang disebabkan karena tidak teliti dalam melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Mar 2019 14:19
    Last Modified: 14 Mar 2019 14:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43407

    Actions (login required)

    View Item