Bentuk-Bentuk Pendidikan Multikultural di SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

SAPUTRA, AWAL (2019) Bentuk-Bentuk Pendidikan Multikultural di SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1363Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Awal Saputra. BENTUK-BENTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA N 2 KARANGANYAR DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019 Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk melihat bentuk-bentuk pendidikan multikultural yang digunakan oleh kedua sekolah, yaitu SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, mengingat begitu pentingnya pendidikan multikultural dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan multikultural oleh M. Ainul Yaqin dalam analisisnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti menganalisis bentuk-bentuk pendidikan multikultural yang ada di SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan mengamati kasus pendidikan multikultural yang ada di SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Data yang di peroleh dari penelitian ini berupa hasil wawancara, dokumen berupa buku sumber belajar, serta silabus yang digunakan dalam sekolah tersebut. Pengujian data dilaksanakan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan SMA N 2 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta telah melakukan pendidikan multikultural. Pendidikan tersebut dilakukan oleh pihak guru dan sekolah oleh kedua sekolah tersebut. Pendidikan yang dilakukan oleh guru berupa nasihat, memberi contoh, serta melakukan perilaku-perilaku yang sesuai dengan pendidikan multikultural. Sedangkan sekolah melakukan pendidikan multikultural dengan mengadakan kegiatan kebudayaan, serta keagamaan, menanamkan perilaku multikultural pada siswa. Kata Kunci: Pendidikan, Multikultural, sekolah, guru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Mar 2019 14:16
    Last Modified: 14 Mar 2019 14:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43406

    Actions (login required)

    View Item