Analisis Eksistensi Konsep Green Homes Pada Kurikulum Dan Pembelajaran Di Sekolah Kejuruan Program Keahlian Teknologi Konstruksi Dan Properti Di Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta

NATALIASA, INTAN DEVI (2019) Analisis Eksistensi Konsep Green Homes Pada Kurikulum Dan Pembelajaran Di Sekolah Kejuruan Program Keahlian Teknologi Konstruksi Dan Properti Di Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (246Kb)

    Abstract

    Intan Devi Nataliasari. ANALISIS EKSISTENSI KONSEP GREEN HOMES PADA KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2019. Green homes atau hunian rumah tinggal yang bersifat ramah lingkungan merupakan inovasi baru untuk mencegah atau mengurangi fenomena pemanasan global yang sedang terjadi. Untuk mewujudkan rumah tinggal yang ramah lingkungan tidak terlepas dari keterlibatan banyak pihak. Mulai dari pihak pelaksana, pemerintah, sampai dunia pendidikan yang berperan aktif mencetak para pelaku di dunia pembangunan melalui sekolah kejuruan. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui seberapa jauh pengetahuan guru program keahlian teknologi konstruksi dan properti mengenai konsep green homes, (2) Mengetahui eksistensi konsep green homes pada kurikulum dan pembelajaran di sekolah vokasi program keahlian teknologi konstruksi dan properti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian evaluatif. Penelitian dilaksanakan di lima lokasi sekolah kejuruan program keahlian teknologi konstruksi dan properti di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Juli sampai Agustus 2018 dengan 28 informan/narasumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan sistem triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan guru mengenai makna dan tujuan konsep green home sudah cukup baik, sedangkan pengetahuan mengenai GBCI dan konsep greenshiphomes masih sangat kurang, (2) Eksistensi konsep green homes dan greenshiphomes masih sangat kurang dalam kurikulum yang digunakan oleh sekolah kejuruan program keahlian teknologi konstruksi dan properti. Eksistensi dalam pembelajaran sudah cukup baik, walaupun banyak kendala yang dihadapi dalam memberikan pengetahuan kepada peserta didik. Kata Kunci : Green homes, Eksistensi, Kurikulum, Pembelajaran, Sekolah Kejuruan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Mar 2019 14:06
    Last Modified: 14 Mar 2019 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43403

    Actions (login required)

    View Item