Pengembangan Modul Berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skills Untuk Memberdayakan Keterampilan Problem Solving Pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII MIPA

RAHMAWATI, DEWI (2019) Pengembangan Modul Berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skills Untuk Memberdayakan Keterampilan Problem Solving Pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII MIPA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (500Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian in bertujuan :1) Menganalisis karakteristik modul berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan problem solving pada siswa XII MIPA pada materi metabolisme sel, 2) Menguji kelayakan modul berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan problem solving pada siswa XII MIPA pada materi metabolisme sel dan 3) Menguji keefektifan modul berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan problem solving pada siswa XII MIPA pada materi metabolisme sel, Penelitian ini menggunakan model pengembangan Reseacrh and development (R&D) mengacu pada model pengembangan Borg & Gall , yang terbagi dalam 10 tahap, namun pada penelitiann ini hanya terdapat 9 tahap diantaranya 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8) uji lapangan operasional, 9) hasil uji penyempurnaan produk dan 10) revisi produk . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan untuk pengembangan dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor criteria dan analisis tes keterampilan problem solving dengan menggunakan SPSS IBM 21 dengan menggunakan analisis Manova (Multivariate Analisis Of Varioance ) Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) karakteristik produk modul biologi materi metabolisme sel dengan menggunakan sintak Stim –HOTs (orientasi, bertanya, exsplorasi informasi, diskusi, eksplanasi, dan refkeksi) serta memuat indikator aspek keterampilan problem solving (mengidentfikasi masalah, explorasi informasi, merencanakan solusi, menggunakan solusi, mengecek solusi dan evaluasi. Modul guru memuat panduan pelaksaan sintak model Stim HOTs, seperangkat alat pembelajaran (RPP, Silabus dan penilaian ),petunjuk penggunaan modul, soal evaluasi, soal kompetensi dasar, materi dan rambu –rambu jawaban. Sedangkan pada modul siswa memuat tahapan sintak model Stim –HOTs, soal evaluasi dan soal tes kompentsi dasar, 2) uji kelayakan modul berbasis Stim HOTs pada materi metabolisme sel diuji melalui validasi ahli materi, bahasa,perangkat pembelajaran, materi, pengembangan, praktisi pendidikan, uji coba kelompok kecil (siswa) menyatakan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses belajar, 3) uji keefektifan model berbasis Stim –Hots efektif memberdayakan keterampilan problem solving pada aspek explorasi informasi, menegecek solusi dan evaluasi memiliki kriteria tinggi dengan Nilai N-Gain 0.8. dan Nilai effect size 0.26 dikategorikan dalam kategori rendah dan model Stim–HOTs memiliki sumbangan 34 % dalam melatihkan keterampilan problem solving. Kata kunci: modul, model Stim HOTs, keterampilan problem solving, metabolisme sel.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Mar 2019 13:51
    Last Modified: 14 Mar 2019 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43402

    Actions (login required)

    View Item