PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 SURAKARTA

ROFI`AH, INTAN (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Dissemination. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD menggunakan skor kriteria dan hasil tes kemampuan penalaran matematis melalui uji t dengan tingkat signifikasi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga LKPD berbasis masalah dinyatakan layak. LKPD berbasis masalah termasuk valid dengan presentase sebesar 79% dari hasil rata-rata penilaian para ahli dan uji keterbacaan; praktis dengan presentase sebesar 86% dari rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik; efektif karena terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah penggunaan LKPD dengan tingkat keefektifan sebesar 0,47 termasuk pada kategori sedang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Mar 2019 13:38
    Last Modified: 14 Mar 2019 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43401

    Actions (login required)

    View Item