pengaruh beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS

AFIDA, ZAHRA NUR (2019) pengaruh beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Zahra Nur Afida. K7614058. PENGARUH BEASISWA BIDIKMISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI TAHUN ANGKATAN 2014 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS; (2) pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS; dan (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa bidikmisi angkatan tahun 2014 FKIP UNS. Sampel yang terpilih sebanyak 84 mahasiswa dengan teknik sampel Proportionate Random Sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05, kemudian pengolahan data yang telah diperoleh dengan bantuan program data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS, seperti yang ditunjuukkan oleh nilai Fhitung = 28,445 > Ftabel = 2,717. Kedua, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara beasiswa bidikmisi terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS, seperti yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,570 > ttabel = 1,989. Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS, seperti yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,145 > ttabel = 1,989. Nilai Adjust R Square sebesar 0,398 sehingga dapat diartikan bahwa 39,8% prestasi belajar mahasiswa bidikmisi tahun angkatan 2014 FKIP UNS dipengaruhi oleh beasiswa bidikmisi dan kemandirian belajar mahasiswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Kata Kunci : Beasiswa Bidikmisi, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:30
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43400

    Actions (login required)

    View Item