Pengaruh Metode Gallery Walk dipadu Media Gambar Berbasis Potensi Lokal terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMA Negeri 1 Gebog

QOSHIDA, TSANIA HAYYU (2019) Pengaruh Metode Gallery Walk dipadu Media Gambar Berbasis Potensi Lokal terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Lingkungan Peserta Didik SMA Negeri 1 Gebog. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (182Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan Quasy Experiment dengan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Kedua kelas diberikan pre-test sebelum perlakuan. Post-test diberikan pada akhir penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Gebog. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis media gambar berbasis potensi lokal, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan Independent Sample t-test dibantu program SPSS 19 dengan taraf signifikasi 0,050. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap pemahaman konsep (p-value 0.011 < sig. 0.050). Peserta didik yang menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis potensi lokal memiliki pemahaman konsep yang lebih baik daripada peserta didik yang diajarkana menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal; 2) ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap sikap kepedulian lingkungan (p-value 0.006 < sig. 0.050) peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode gallery walk dipadu media gambar berbasis potensi lokal lebih baik dibandingkan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode gallery walk tanpa media gambar berbasis potensi lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh media gambar berbasis potensi lokal dalam metode gallery walk terhadap pemahaman konsep dan sikap kepedulian lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:30
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43397

    Actions (login required)

    View Item