Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan dan Desain Multimedia Interaktif terhadap Perilaku Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di SMKN 4 Banjarbaru

Milandari, Ratna Dwi (2019) Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan dan Desain Multimedia Interaktif terhadap Perilaku Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di SMKN 4 Banjarbaru. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (182Kb)

    Abstract

    Ratna Dwi Milandari. K3513056. PENGARUH HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMKN 4 BANJARBARU. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Perilaku kewirausahaan merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung kesiapan peserta didik SMK dalam menghadapi dunia kerja nantinya, terutama bagi mereka yang ingin berkutat dalam dunia wirausaha. Perilaku kewirausahaan dapat terbentuk melalui pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan desain multimedia interaktif terhadap perilaku kewirausahaan peserta didik kelas XI Multimedia di SMKN 4 Banjarbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian yang dikumpulkan adalah hasil belajar peserta didik berupa nilai rapor dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik regresi dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar kewirausahaan dengan perilaku kewirausahaan sebesar 9,6% dengan sig 0,017 < 0,05; 2) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar desain multimedia interaktif dengan perilaku kewirausahaan sebesar 8,0% dengan sig 0,030 < 0,05; 3) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar kewirausahaan dan desain multimedia interaktif secara bersama-sama terhadap perilkau kewirausahaan peserta didik sebesar 13,6% dengan Fhitung = 4,414.> F0,05;2;56 = 3,16. Kata Kunci: Perilaku Kewirausahaan, Kewirausahaan, Desain Multimedia Interaktif, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:30
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43392

    Actions (login required)

    View Item