PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SD Negeri Kabupaten Sragen)

HAMIDAH, QOUMI GHONIN (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONSEP TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di SD Negeri Kabupaten Sragen). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang memiliki tujuan yaitu : 1) untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar berbasis tematik integratif pada tema “Lingkungan Sahabat Kita” pada kelas V; 2) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis tematik integratif pada tema “Lingkungan Sahabat Kita”; 3) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis tematik integratif pada tema “Lingkungan Sahabat Kita”. Penelitian pengembangan berbasis tematik menggunakan prosedur Borg and Gall dan Sukmadinata yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu: (1) Studi pendahuluan (studi pustaka dan studi lapangan), (2) Studi pengembangan yaitu; a) mendesain produk awal (prototype) sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik; b) validasi desain (expert’s judgment) berdasarkan prototype yang telah dibuat; c) revisi produk; d) uji coba terbatas; e) revisi produk berdasarkan koreksi pakar; f) uji coba luas; g) revisi produk (expert’s judgment) dan dilakukan perbaikan hingga produk siap dieksperimenkan untuk uji keefektifan, (3) Uji keefektifan produk, dengan melakukan uji eksperimen yaitu membandingkan nilai pretes dan postes kelas kontrol ( menggunakan bahan ajar lama) dan kelas eksperimen (menggunakan bahan ajar baru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan bahan ajar ditunjukkan dengan penilaian “sangat baik” oleh ahli bahasa dengan persentase 87,5%, penilaian “baik” oleh ahli materi dengan persentase 77,5%, penilaian “sangat baik” oleh ahli media dengan persentase 89,35%. Keefektifan dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 3.784 dengan nilai probabilitas sebesar 0.001. Nilai probabilitas <0.05 sehingga berdasarkan kriteria yang telah disebutkan di atas maka H0 ditolak yaitu ada perbedaan nilai awal antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen mempunyai nilai hasil belajar tema “Lingkungan Sahabat Kita” lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:30
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43389

    Actions (login required)

    View Item