PENERAPAN THE GUIDED DISCOVERY BERBANTU KOTAK KARTU MISTERI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Meriant, Maria Mira (2019) PENERAPAN THE GUIDED DISCOVERY BERBANTU KOTAK KARTU MISTERI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maria Mira Meriant. K7414030. PENERAPAN THE GUIDED DISCOVERY BERBANTU KOTAK KARTU MISTERI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar setelah diterapkannya The Guided Discovery dengan media kotak kartu misteri pada siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan PTK terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan berjumlah 32 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan validitas isi untuk pengujian data tes dan triangulasi metode untuk pengujian data non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Tindakan dinyatakan berhasil apabila terdapat 75% dari siswa memiliki nilai di atas 76 atau dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya The Guided Discovery dengan media kotak kartu misteri. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Pada siklus pra-tindakan hanya ada 12,5% dari jumlah siswa yang memiliki nilai 76 atau hanya 4 siswa saja yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas sebesar 40,62% yaitu dari 12,5% ke 53,12% atau dari 4 siswa menjadi 17 siswa yang tuntas. Setelah siklus I dilaksanakan dan dilakukan perbaikan, tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa kembali meningkat pada siklus II sebesar 40,63% yaitu dari 53,12% siswa tuntas ke 93,75% siswa yang tuntas atau dari 17 siswa menjadi 30 siswa yang tuntas. Peningkatan yang terjadi disebabkan karena digunakannya The Guided Discovery dengan media kotak kartu misteri pada siklus I dan diadakannya perbaikan pada pemberian sesi literasi pada siklus II. Simpulan penelitian ini yaitu The Guided Discovery dengan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Kata Kunci: The Guided Discovery, media kotak kartu misteri, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:01
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43381

    Actions (login required)

    View Item