PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Putri, Maharati Handhini (2019) PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maharati Handhini Putri. K7414029. PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) pengaruh kecerdasan adversitas terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar; (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar; (3) pengaruh kecerdasan adversitas dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar yaitu sebanyak 108. Sampel yang terpilih menggunakan simple random sampling sebanyak 85 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang kecerdasan adversitas dan kemandirian belajar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar akuntansi ranah kognitif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program pengolahan data SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan adversitas terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,008 (p < 0,05). Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,007 (p < 0,05). Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan adversitas dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi ranah kognitif peserta didik kelas X SMKN 1 Karanganyar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F sebesar 0,000 (p < 0,05). , Kata kunci: Kecerdasan Adversitas, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 14:01
    Last Modified: 04 Mar 2019 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43380

    Actions (login required)

    View Item