Karakteristik Komposit Clay dan Shellac Dari Berbagai Tipe Berbentuk Formasi Garam Yang Diplastisisasi Dengan Polyethylene Glycol (PEG)

Abdilah, Junaidi (2019) Karakteristik Komposit Clay dan Shellac Dari Berbagai Tipe Berbentuk Formasi Garam Yang Diplastisisasi Dengan Polyethylene Glycol (PEG). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Telah dilakukan karakterisasi komposit clay dan shellac dari berbagai tipe berbentuk formasi garam yang diplastisasi dengan Polyethylene Glycol (PEG). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dari komposit clay dan shellac yang dimodifikasi menjadi formasi garam dan diplastisasi menggunakan polyethylene glycol (PEG). Clay yang digunakan adalah cloisite bentonite, shellac yang digunakan adalah Wax free, SSB SONE, 3 circle, serta polyethylene glycol dengan berat molekul 400 gr/mol. Karakterisasi meliputi, metode Payne Cups Analysis (water vapour transmission rate-WVTR), uji sifat perintang minyak, serta uji biodegradable. Uji WVTR menunjukan sifat perintang uap air terbaik dihasilkan oleh komposit clay/waxfree amn/PEG diikuti oleh komposit clay/ssb amn/PEG dan terakhir komposit clay/3-circle amn/PEG. Uji sifat perintang minyak menunjukan kertas kemasan dari semua komposit yang dihasilkan pada penelitian ini tidak dapat ditembus oleh minyak, lebih baik dari kertas konvensional yang ada di pasaran. Uji Biodegradable menunujukan yang paling mudah terdegradable adalah pada konsentrasi EM4 60 mL pada shellac formasi garam yang diplastilisasi dengan PEG mulai dari shellac 3 circle AMN diikuti oleh shellac ssb dan wax free dengan variasi EM4 yang sama. Kata kunci : Shellac Wax free, Shellac 3 Circle, Shellac SS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QP Physiology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:37
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43376

    Actions (login required)

    View Item