Hubungan antara Lama Menderita Diabetes Melitus Tipe 2 dan Indeks Massa Tubuh dengan Penyakit Refluks Gastroesofageal di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta

SIMA, JEMMY HARYADI (2019) Hubungan antara Lama Menderita Diabetes Melitus Tipe 2 dan Indeks Massa Tubuh dengan Penyakit Refluks Gastroesofageal di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Jemmy Haryadi Sima, G0015120, 2018. Hubungan antara Lama Menderita Diabetes Melitus Tipe 2 dan Indeks Massa Tubuh dengan Penyakit Refluks Gastroesofageal di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta Pendahuluan: Diabetes Melitus (DM) adalah kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan adanya hiperglikemia karena terdapat kelainan pada sekresi insulin, kerja insulin, atau keduanya. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu keadaan di mana cairan asam lambung mengalami refluks ke arah esofagus dan menyebabkan gejala. Tingginya indeks massa tubuh (IMT) seseorang dan tingkat hiperglikemi serta meningkatnya risiko komplikasi DM yang berasosiasi dengan lama menderita DM dapat mengganggu mekanisme fisiologis lambung dan/atau esofagus yang memicu terjadinya GERD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama menderita diabetes melitus tipe 2 dan indeks massa tubuh dengan penyakit refluks gastroesofageal di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam Subbagian Endokrin Gedung Wijaya Kusuma RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada Oktober – November 2018 dengan jumlah sampel 39 pasien DM tipe 2 yang sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner GERDQ serta pengukuran indeks massa tubuh pada responden lalu data dianalisis secara statistik dengan Uji korelasi pearson, spearman rho, dan regresi berganda. Hasil: Uji korelasi spearman rho antara lama menderita DM tipe 2 dengan GERD menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.331 (p = 0.039). Uji korelasi pearson antara IMT dengan GERD menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.408 (p = 0.010). Uji regresi berganda antara kedua variabel bebas dengan GERD menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0.073 (p = 0.036) untuk lama menderita DM tipe 2 dan 0.100 (p = 0.015) untuk IMT dengan Adjusted R² sebesar 0.223. Simpulan: Terdapat hubungan positif yang bermakna antara lama menderita DM tipe 2 dan/atau indeks massa tubuh dengan penyakit refluks gastroesofageal pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Poliklinik RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:37
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43375

    Actions (login required)

    View Item