PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI 02 DELINGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Rohmah, Isni Nur (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS III SD NEGERI 02 DELINGAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (209Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan mengunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas III SD Negeri 02 Delingan tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas III SD Negeri 02 Delingan tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan traingulasi sumber data, triangulasi teknik atau metode, dan teknik uji validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut. Pada saat pratindakan, nilai rata-rata kelas dalam keterampilan menulis deskripsi siswa sebesar 71,09 dengan ketuntasan klasikal sebesar 41,18%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas keterampilan menulis deskripsi siswa adalah76,38 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,71%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,53%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi tersebut dapat dilihat dari data nilai keterampilan menulis deskripsi siswa pada setiap siklus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:37
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43374

    Actions (login required)

    View Item