PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF AKUNTANSI DI SMK

WULANDARI, IKA (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF AKUNTANSI DI SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ika Wulandari. K7413080. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF AKUNTANSI DI SMK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2018. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk menguji: 1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran akuntansi, (2) pengaruh model problem posing terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran akuntansi, dan (3) perbedaan signifikan antara kemampuan kognitif akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan problem posing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental semu (quasi experimental research) dengan rancangan The Randomized Control Group Design Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 67 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan kognitif akuntansi, dengan Sig. <0,05 (0,000<0,05), (2) terdapat pengaruh penerapan model problem posing terhadap kemampuan kognitif akuntansi, dengan Sig. <0,05 (0,000<0,05), (3) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan kognitif akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan problem posing, dengan Sig. <0,05 (0,004<0,05). Dengan demikian kemampuan kognitif siswa yang diajar dengan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan yang diajar Problem Posing, karena siswa dilatih untuk aktif dan mandiri dalam memecahkan masalah. Hasil penelitian ini secara praktis dapat diterapkan pada proses pembelajaran karena model pembelajaran Probem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Problem Posing, Kemampuan Kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:25
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43373

    Actions (login required)

    View Item