PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)

K, HERNIYANTI IAN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Herniyanti Ian Kuswari. K5414025. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018 (Pokok Bahasan Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif (2) mengembangan media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan (4) mengetahui efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dick & Carey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket analisis kebutuhan, lembar validasi ahli materi, ahli media, pendidik, angket uji coba peserta didik, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan peserta didik dari hasil analisis kebutuhan didapatkan data bahwa sebagian besar peserta didik memiliki karakteristik gaya belajar visual, pengalaman/keterampilan dalam menggunakan media dengan kategori sering/terampil, peserta didik antusias dan setuju terhadap adanya pengembangan media, visualisasi warna media yaitu warna biru, dan visualisasi jenis huruf/font yaitu Comic Sans MS (2) pengembangan produk media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif menggunakan program Adobe Flash yang dirancang dan dikemas interaktif (self service) dan dilengkapi dengan bahan pendukung materi berupa gambar, peta, video, teks (3) media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif diyatakan layak berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yang mendapatkan skor 5 (kategori sangat baik dalam skala Likert), serta penilaian dari pendidik dan uji coba peserta didik mendapatkan skor 4 (kategori baik dalam skala Likert) (4) media pembelajaran E-Learning berbasis multimedia interaktif lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir spasial peserta didik berdasarkan rerata kelasnya yang lebih tinggi pada hasil pretest dan posttest yaitu 65,8 menjadi 78,4 dibandingkan dengan media PowerPoint dimana rerata kelas hasil pretest yaitu 64,4 dan posttest mendapatkan 75,2 sedangkan kemampuan berpikir spasial peserta didik mengalami peningkatan terutama pada aspek region. Kata Kunci : Pengembangan Media, E-Learning, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Spasial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:25
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43371

    Actions (login required)

    View Item