Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

TRIFEN, HESTIANI WIDI (2019) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (357Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hestiani Widi Trifena. K5114023. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi, Surakata : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaaan multimedia interaktif berbasis adobe flash terhadap peningkatan konsentrasi siswa tunarungu kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah lima anak tunarungu kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta. Pengumpulan data menggunakan skala sebagai data primer dan didukung oleh tes objektif pilihan ganda sebagai data sekunder. Analisis data menggunakan statistik nonparametric uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan bantuan software SPSS 22. Hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest untuk skala sebesar 24 dan posttest 31,6, sedangkan nilai rata- rata pretest untuk tes objektif sebesar 4,8 dan posttest sebesar 8,8. Hasil analisis statistic skala nonparametric dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai skala ℎ= -2.023 dengan Asymp Sig. (2-tailed) = 0,043 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan atau 0,043 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Begitupun dengan Hasil analisis statistik tes objektif nonparametric dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai skala ℎ= -2.032 dengan Asymp Sig. (2-tailed) = 0,042 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan atau 0,042 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis adobe flash berpengaruh positif terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa tunarungu kelas IV di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : pengaruh, multimedia interaktif, adobe flash, konsentrasi belajar, anak tunarungu ABSTRACT Hestiani Widi Trifena. K5114023. “The Influence Of Using Adobe Flash Based Interactive Multimedia On The Improvement Of Learning Concentration of 4th Graders Deaf Student Of SLB-B YRTRW Surakarta, Academic Year 2018/2019”. Skripsi, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. The aim of this research is to determine the influence of using adobe flash based multimedia towards the increase of Learning Concentration Towards 4th Graders Deaf Student Of SLB-B YRTRW Surakarta, Academic Year 2018/2019”. This research uses quantitative approach with One-group pretest-posttes design pre-experimental design. The subjects involved in this research were five 4th Graders Deaf Student Of SLB-B YRTRW Surakarta. The Data is colleted by using a scale as the primary data and a multiple choice tests secondary data. The Data were analyzed by using non-parametric statistics through Wilcoxon Sign Rank test with the help of a software namely SPSS 22. Based on the analysis of descriptive data, the average scale score 24 in the pretest and 31 in the posttest were obtained, on the other hand the average multiple choice test score 4.8 in the pretest and 8.8 in the posttest. The non-parametric statistics result shows the value scale of Wilcoxon Sign Rank Test note that the score of Z values = -2.023 with Asymp Sig (2-tailed) = 0,043 is smaller than a predetermined significance level or 0.043 < 0.05, so the alternative hypothesis works and the null hypothesis is rejected. Then, the non-parametric statistics results multiple choice objective test score of Wilcoxon Sign Rank Test note that the score of Z values = -2.032 with Asymp Sig (2-tailed) = 0,042 is smaller than a predetermined significance level or 0.042 < 0.05, so the alternative hypothesis works and the null hypothesis is rejected. Based on the analysis of this research it can conclude that the use of adobe flash based interactive multimedia has positive influence of toward the improvement of Learning Concentration Towards of 4th Graders Deaf Student Of SLB-B YRTRW Surakarta, Academic Year 2018/2019”. Keywords : The Influencing, interactive multimedia, adobe flash, learning concentration, Deaf Children

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:25
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43369

    Actions (login required)

    View Item