PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR

S, HERWANTO GEDE (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Herwanto Gede Sulistyawan. K7414022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams games tournament (TGT) Berbantu Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) Terhadap Motivasi Pembelajaran Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel yang terpilih adalah kelas X-2 berjumlah 36 dan kelas X-3 berjumlah 36 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran TGT berbantu KOKAMI terhadap motivasi peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan nilai uji Independent Sample T-test memperoleh hasil t = 5,344 (p = 0,000). Pembelajaran TGT berbantu media KOKAMI memiliki peningkatan motivasi peserta didik lebih tinggi dari pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan TGT. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan TGT berbantu KOKAMI meningkatkan rata-rata motivasi kelas sebesar 14,472, sedangkan yang menggunakan TGT hanya meningkatkan rata-rata sebesar 7,917. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Teams Games Tournament (TGT) berbantu media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar. Kata kunci: Teams Games Tournament, Kotak dan Kartu Misterius, Motivasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 21 Feb 2019 10:44
    Last Modified: 21 Feb 2019 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43361

    Actions (login required)

    View Item