PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA DI KAWASAN INDUSTRI

RATNASARI, DEVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA DI KAWASAN INDUSTRI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 2) pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri dan 3) interaksi antara model CPS disertai scaffolding dan daerah industri terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri Kelas XI IPA di daerah industri DIY dengan jumlah sampel sebanyak 197 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Data diperoleh dengan membandingkan kemampuan berpikir ilmah siswa kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran CPS disertai scaffolding dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi KD 3.7 Sistem Pencernaan. Data diukur dengan menggunakan teknik tes dengan soal tes pilihan ganda yang meliputi empat aspek kemampuan berpikir ilmiah yaitu: inkuiri, analisis, inferensi dan argumentasi. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan two way anava dengan bantuan SPSS 21 yang terlebih dahulu data dihitung nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi model CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah sebesar 0,000, model CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah di daerah industri sebesar 0,096 dan interaksi model pembelajaran CPS disertai scaffolding di daerah industri sebesar 0,610. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 2) tidak ada pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri; dan 3) tidak ada interaksi antara model CPS disertai scaffolding dan daerah industri terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 21 Feb 2019 09:32
    Last Modified: 21 Feb 2019 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43357

    Actions (login required)

    View Item