Pengembangan Instrumen Penilaian Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA

HIKMAH, NAILI (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (164Kb)

    Abstract

    Naili Hikmah. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Tesis. Pembimbing: Dr. Sri Yamtinah M.Pd .Kopembimbing Prof. Dr. Ashadi. Program Studi Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC) dengan validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu instrumen yang baik dan mengembangkan instrumen penilaian Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC) pada materi Termokimia yang mampu mengukur keterampilan proses sains. Penelitian pengembangan instrumen penilaian Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC) mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Akker (1999). Langkah-langkah yang digunakan dalam pengembangan produk terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) pemeriksaan pendahuluan (preliminary investigation), 2) penyesuaian teoritis (theoretical embedding), 3) uji empiris (empirical testing), 4) proses dan hasil dokumentasi, analisa, dan refleksi (documentation,analysis, and reflection on process and outcome). Penelitian dilakukan terhadap 247 peserta didik dari SMAN 1 Surakarta, SMAN 5 Surakarta, dan SMAN 8 Surakarta. Analisis data yang digunakan dalam pegembangan adalah analisis kuantitatif deskriptif untuk kelayakan instrumen dan analisis keterampilan proses sains. Hasil penelitian dan penegembangan adalah Instrumen penilaian Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC) yang dinyatakan layak digunakan dengan memenuhi kriteria sebagai instrumen yang baik berdasarkan validitas isi, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan indeks pengecoh. Hasil validitas isi menggunakan formula Aiken dengan 9 validator didapatkan seluruh butir soal memiliki angka validitas lebih dari 0,74 yang berarti valid. Reliabilitas dari uji coba skala luas diperoleh hasil 0,78 untuk tier 1 dan 0,73 untuk tier 2 yang berarti reliabilitas dalam kategori tinggi dan instrumen dapat dinyatakan reliabel. Daya pembeda soal dari analisis uji coba skala luas diperoleh 57,5% soal berkategori baik, 25 % kategori sedang, 15 % kategori cukup dan 2,5% kategori jelek. Tingkat kesukaran item soal dari uji coba skala luas diperoleh hasil 90% soal kategori sedang dan 10% soal kategori mudah. Indeks pengecoh dari hasil uji coba skala luas diperoleh hasil pengecoh berfungsi dengan baik pda 13 butir soal. Instrumen Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC) dapat digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains berdasarkan indikator yang dikembangkan. Kata Kunci : instrumen penilaian, Computerized Two-tier Multiple Choice (CTTMC), keterampilan proses sains, termokimia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 20 Feb 2019 14:35
    Last Modified: 20 Feb 2019 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43351

    Actions (login required)

    View Item