ORIENTASI TUJUAN PEMBELAJARAN SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH IDENTIFIKASI ORGANISASIONAL PADA UMPAN BALIK, KINERJA DAN KOMUNIKASI KESALAHAN DALAM ORGANISASI (Studi Pada Pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Sragen)

Rachmadan, Nanda Guntur (2011) ORIENTASI TUJUAN PEMBELAJARAN SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH IDENTIFIKASI ORGANISASIONAL PADA UMPAN BALIK, KINERJA DAN KOMUNIKASI KESALAHAN DALAM ORGANISASI (Studi Pada Pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Sragen). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (980Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas mengenai orientasi tujuan pembelajaran sebagai pemediasi pengaruh identifikasi organisasional pada umpan balik, kinerja dan komunikasi kesalahan dalam organisasi. Berdasarkan pada beberapa penelitianpenelitian terdahulu maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah identifikasi organisasi secara positif berpengaruh pada kinerja karyawan?, (2a) Apakah identifikasi organisasi secara positif berpengaruh pada umpan balik?, (2b) Apakah identifikasi organisasi secara positif berpengaruh pada komunikasi kesalahan dalam organisasi?, (3) Apakah identifikasi organisasi secara positif berpengaruh pada orientasi tujuan pembelajaran?, (4a) Apakah orientasi tujuan pembelajaran secara positif berpengaruh pada kinerja karyawan?, (4b) Apakah orientasi tujuan pembelajaran secara positif berpengaruh pada umpan balik?, (4c) Apakah orientasi tujuan pembelajaran secara positif berpengaruh pada komunikasi kesalahan dalam organisasi?, (5a) Apakah orientasi tujuan pembelajaran memediasi pengaruh identifikasi organisasi pada kinerja karyawan?, (5b) Apakah orientasi tujuan pembelajaran memediasi pengaruh identifikasi organisasi pada umpan balik?, (5c) Apakah orientasi tujuan pembelajaran memediasi pengaruh identifikasi organisasi pada komunikasi kesalahan dalam organisasi?. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Sragen. Dari 256 orang jumlah populasi, diambil 125 orang yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner, studi pustaka dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan hierarchical regression analysis yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Dari persamaan regresi linear dapat dilihat pada tabel IV.14 dimana βk signifikan pada p<0,05 dan βkk signifikan p<0,05. Maka dapat disimpulkan H1 dan H2b didukung; dilihat pada nilai βub pada tabel IV.14 menunjukkan tidak signifikan pada p<0,05. Maka dapat disimpulkan H2a tidak didukung; dilihat pada nilai βot pada tabel IV.15 signifikan pada p<0,01. Maka dapat disimpulkan H3 didukung; dilihat pada tabel IV.16 dimana βk signifikan pada p<0,001 dan βkk signifikan p<0,001. Maka dapat disimpulkan H4a dan H4c didukung; dilihat pada nilai βub pada tabel IV.16 menunjukkan tidak signifikan pada p<0,05. Maka dapat disimpulkan H4b tidak didukung; dilihat pada nilai βot pada tabel IV.15 signifikan pada p<0,01 dan tabel IV.16 dimana βk signifikan pada p<0,001. Maka dapat disimpulkan H5a didukung; dilihat pada nilai βub pada tabel IV.14 menunjukkan tidak signifikan pada p<0,05 dan tabel IV.16 nilai βub tidak signifikan pada p<0,05. Maka dapat disimpulkan H5b tidak didukung; dilihat pada nilai βot pada tabel IV.15 signifikan pada p<0,01 dan tabel IV.16 dimana βkk signifikan pada p<0,001. Maka dapat disimpulkan H5c didukung. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut : Disarankan untuk penelitian yang akan datang sebaiknya melakukan pre-test untuk memperkecil kemungkinan indikator-indikator yang tidak valid, Penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan pada perusahaan maknufaktur dengan populasi beberapa perusahaan, supaya dapat membandingkan hasil yang diperoleh. Keyword : identifikasi organisasi, orientasi tujuan pembelajaran, dan umpan balik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Wibowo Anggita
    Date Deposited: 15 Jul 2013 15:55
    Last Modified: 15 Jul 2013 15:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4335

    Actions (login required)

    View Item