Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen melalui Teknik Parafrase menggunakan Media Audio Lagu Populer pada Siswa SMAN 5 Surakarta.

WANINGYUN, PRISSILIA PRAHESTA (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen melalui Teknik Parafrase menggunakan Media Audio Lagu Populer pada Siswa SMAN 5 Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (156Kb)

    Abstract

    Keterampilan menulis adalah keterampilan berbahasa yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa dan wajib diajarkan oleh guru kepada siswa di Sekolah Menengah Atas. Keterampilan menulis yang wajib diajarkan kepada siswa kelas XI sesuai Kurikulum 2013 Revisi salah satunya adalah teks cerpen. Pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Surakarta mendapati permasalah baik dari segi keaktifan maupun keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan belajar menulis teks cerpen siswa kelas XI IPS 2 SMAN 5 Surakarta melalui teknik parafrase menggunakan media audio lagu populer dan (2) keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 5 Surakarta melalui teknik parafrase menggunakan media audio lagu populer. Strategi penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian bersumber dari proses pembelajaran, informan, hasil tes menulis teks cerpen, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, kajian dokumen, wawancara dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukan penerapan teknik parafrase menggunakan media audio lagu populer pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 5 Surakarta dapat meningkatkan keaktifan belajar dan keterampilan menulis teks cerpen dari siklus 1 hingga siklus 3. Hal ini dibuktikan adanya perubahan dan peningkatan keaktifan belajar dan keterampilan menulis teks cerpen siswa: (1) keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus 1 dengan rerata nilai 74 menjadi 79 pada siklus 2 dan meningkat signifikan menjadi 82 pada siklus 3; (2) keterampilan menulis teks cerpen meningkat 74% dari siklus 1 sebesar meningkat menjadi 87% pada siklus 2 dan meningkat signifikan menjadi 94% pada siklus 3. Kata kunci: teks cerpen, keaktifan, teknik parafrase, audio

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 20 Feb 2019 14:27
    Last Modified: 20 Feb 2019 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43349

    Actions (login required)

    View Item