PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SUOOT BOLABASKET MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA-2 SMA BATIK 1 SURAKARTA

ARIYANTO, IVAN (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SUOOT BOLABASKET MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA-2 SMA BATIK 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (77Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ivan Ariyanto. K4614050. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT KANAN BOLA BASKET MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA-2 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018” Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2018. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Kanan Bolabasket Melalui Penggunaan Alat Bantu pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas XI.MIPA-2 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI.MIPA-2 yang berjumlah 43 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik putra dan 23 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Persentase nilai prasiklus menunjukan ketuntasan belajar yaitu 30% (13 peserta didik) sedangkan yang belum tuntas 70% (30 peseta didiik) belum mencapai batas tuntas Siklus I dilakukan menunjukkan hasil bahwa dari aspek pengetahuan, sejumlah 40 peserta didik atau 93% telah masuk dalam kriteria Tuntas, dan sedangkan 3peserta didik atau 7% yang Belum Tuntas. aspek keterampilan, sejumlah 30 peserta didik atau 70% telah masuk dalam kriteria Tuntas, dan sedangkan 13 peserta didik atau 30% yang Belum Tuntas. Siklus II dilakukan menunjukkan hasil bahwa dari aspek pengetahuan, sejumlah 42 peserta didik (98%) telah masuk dalam kriteria Tuntas, dan sedangkan 1peserta didik (2%) Belum Tuntas. Siklus II dilakukan menunjukkan hasil bahwa dari aspek keterampilan, sejumlah 35 peserta didik (84%) telah masuk dalam kriteria Tuntas, dan sedangkan 8peserta didik (16%) Belum Tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot kanan bolabasket pada peserta didik kelas XI.MIPA-2 SMA Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Hasil belajar, lay up shoot, Penerapan Alat Bantu Pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Mar 2019 13:15
    Last Modified: 04 Mar 2019 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43338

    Actions (login required)

    View Item