Hubungan Faktor Demografi dan Faktor Sosial Ekonomi Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dini di Indonesia. (Analisis Data Indonesia Family Life Survey Ke-5)

KARTIKAWATI, DWIANA (2019) Hubungan Faktor Demografi dan Faktor Sosial Ekonomi Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dini di Indonesia. (Analisis Data Indonesia Family Life Survey Ke-5). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (280Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwiana Kartikawati, G0015065, 2018. Hubungan Faktor Demografi dan Faktor Sosial Ekonomi dengan Pemberian MP-ASI Dini di Indonesia (Analisis Data Indonesia Family Life Survey ke 5).Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar belakang: Nutrisi yang memadai selama masa bayi dan awal masa kanak-kanak merupakan hal mendasar untuk mengembangkan potensi anak-anak secara penuh. UNICEF dan WHO merekomendasikan supaya ibu menyusui eksklusif selama 6 bulan kepada bayinya, setelah umur 6 bulan bayi baru dapat diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dan tetap memberikan ASI sampai anak berumur minimal 2 tahun. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sikap ibu dalam memberikan MP-ASI dini kepada bayinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor demografi dan sosial ekonomi ibu dalam pemberian MP-ASI dini di Indonesia dengan menggunakan data dari IFLS ke-5. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan menganalisis data sekunder bersumber dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) ke 5 pada tahun 2014-2015. Besar subjek berjumlah 566 untuk subjek dengan variabel tempat tinggal dan pengetahuan tentang waktu pemberian ASI. Sedangkan subjek dengan variabel lama bekerja berjumlah 565 subjek. Subjek merupakan wanita usia 15-49 tahun yang dipilih melalui purposive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Data yang didapat diuji menggunakan analisis Mann Whitney (α < 0,05). Hasil: Berdasarkan uji Mann Whitney didapatkan hasil; tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek yang tinggal di desa dan di kota saat memberikan MP-ASI dini (p=0.5466), tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek memiliki pengetahuan tentang lama pemberian ASI eksklusif dan yang tidak memiliki pengetahuan tentang lama pemberian ASI eksklusif saat memberikan MP-ASI dini (p=0.3196), tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek yang bekerja dalam durasi waktu normal dan overtime saat memberikan MP-ASI dini (p=0.1626). Simpulan penelitian: Tidak terdapat hubungan antara faktor demografi dan faktor sosial ekonomi dengan pemberian MP-ASI dini di Indonesia yang bermakna secara statistik. Kata kunci: MP-ASI dini, faktor demografi, faktor sosial ekonomi, Indonesia Family Life Survey.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Feb 2019 11:27
    Last Modified: 19 Feb 2019 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43329

    Actions (login required)

    View Item