Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Jenderal Soedirman dalam Pembelajaran Sejarah untuk Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di Kelas XI IPS 3 SMAN 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

Fathoni, Baharuddin (2019) Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Jenderal Soedirman dalam Pembelajaran Sejarah untuk Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di Kelas XI IPS 3 SMAN 2 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Baharuddin Fathoni. PENERAPAN NILAI-NILAI KETELADANAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemahaman guru sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali dalam menerapkan nilai-nilai keteladanan Jendral Soedirman untuk menanamkan sikap nasionalisme siswa, 2) Perencanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang menerapkan nilai-nilai keteladanan Jendral Soedirman untuk menanamkan sikap nasionalisme siswa, 3) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang menerapkan nilai-nilai keteladanan Jendral Soedirman dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa, 4) Evaluasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang menerapkan nilai-nilai keteladanan Jendral Soedirman dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa, dan 5) Kendala dan solusi dari pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang menerapkan nilai-nilai keteladanan Jendral Soedirman dalam pembelajaran sejarah untuk menanamkan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 2 Boyolali pada semester genap TA 2017/2018 dengan informan utama guru sejarah dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru sejarah memahami nilai-nilai keteladanan sebagai sifat baik dari seseorang yang patut dicontoh, 2) Perencanaan pembelajaran sejarah dimulai dengan penyusunan RPP yang berpedoman pada silabus kurikulum 2013. Nilai-nilai keteladanan Jenderal Soedirman yang dapat dicontoh oleh peserta didik berupa sikap religius, pantang menyerah, cinta tanah air, disiplin dan rela berkorban, 3) Pelaksanaan pembelajaran sejarah yang menerapkan nilai-nilai keteladanan Jenderal Soedirman terlihat dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang menggunakan pendekatan scientific melalui kegiatan 5M, 4) Evaluasi pembelajaran aspek kognitif dilakukan dengan ujian tertulis, ujian lisan, dan portofolio. Evaluasi aspek afektif dilakukan dengan pengamatanberdasarkan rubrik dalam RPP. 5) Kendala yang dialami dalam penerapan nilai-nilai keteladanan Jenderal Soedirman untuk menanamkan skap nasionalisme siswa adalah siswa tidak serta merta dapat menerima pembelajaran dari guru, kurangnya perhatian orang tua terhadap peserta didik, dampak dari full day school dan masih minimnya minat baca. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah diterapkannya nilai-nilai keteladanan Jenderal Soedirman, pihak sekolah menjalin kerjasama dengan pihak wali, pemutaran video agar peserta didik tidak jenuh, memanfaatkan fasilitas perpustakaan semaksimal mungkin untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Kata kunci : nilai-nilai keteladanan, sikap nasionalisme, Jenderal Soedirman, pembelajaran sejarah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Feb 2019 11:27
    Last Modified: 19 Feb 2019 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43325

    Actions (login required)

    View Item