Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun

P, DEFANNY FAUZIYAH (2019) Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Defanny Fauziyah Pratiwi. K8114016. HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Mojolegi, Teras, Boyolali. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 37 orang tua dan anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner pola asuh otoriter dan perilaku agresif. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji korelasi spearman rho untuk mengetahui apakah pola asuh otoriter berhubungan dengan perilaku agresif anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak dengan nilai r = 0,996 dengan p = 0,000 dengan bantuan SPSS 16 for windows. Nilai tersebut menunjukkan hasil yang positif yang berarti semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula perilaku agresif anak. Begitu pula sebaliknya semakin rendah pola asuh otoriter semakin rendah pula perilaku agresif anak. Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Perilaku Agresif, Anak Usia 5-6 Tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Feb 2019 11:27
    Last Modified: 19 Feb 2019 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43323

    Actions (login required)

    View Item