PERTUMBUHAN DAN AKUMULASI PROLIN TANAMAN PERESKIA BLEO (KUNTH) DC DENGAN PUPUK KALIUM DAN PHOSPHAT PADA KEKERINGAN YANG BERBEDA

Prahasto, Deno Hadi (2019) PERTUMBUHAN DAN AKUMULASI PROLIN TANAMAN PERESKIA BLEO (KUNTH) DC DENGAN PUPUK KALIUM DAN PHOSPHAT PADA KEKERINGAN YANG BERBEDA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (38Kb)

    Abstract

    Pereskia bleo (KUNTH) DCmerupakan tanaman obatyang berpotensi sebagai pencegahan dan pengobatan kanker. Penelitian bertujuan mengetahui toleransi dan akumulasi prolin Pereskia bleo pada tanah yang mengalamikekeringan dengan penambahan kalium dan phosphat.Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok lengkap tersarang tiga faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama yaitu penyiraman (500 ml dan 300 ml). Faktor kedua dosis KCl (0; 1,5 ;3 gram/tanaman). Dosis SP36 sebagai faktor ketiga (0 ; 1,5 ; 3gram/tanaman).Hasil penelitian menunjukan bahwa penyiraman berpengaruh terhadap jumlah daun, berat basah tajuk dan akar, berat kering tajuk dan akar, volume akar, dan kadar prolin. Pemberian pupuk phosphat berpengaruh terhadap klorofil dan pupuk kalium berpengaruh terhadap prolin. Interaksi penyiraman, pupuk phosphat, dan pupuk kalium berpengaruh terhadap berat basah akar, berat kering akar, dan akumulasi prolin. Penyiraman air 500 ml menunjukkan tingkat pertumbuhan tanaman yang lebih tinggi dan kadar prolin yang lebih rendah dibanding penyiraman air 300 ml.Pemberian pupuk SP36 dapat meningkatkan kandungan klorofil tanaman. Pemberian pupuk KCl pada penyiraman 300 ml dapat mengurangi akumulasi prolin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Feb 2019 11:27
    Last Modified: 19 Feb 2019 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43322

    Actions (login required)

    View Item