Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Sosiologi Lintas Minat Kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

N, GILANG SATRITAMA (2019) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Sosiologi Lintas Minat Kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    Gilang Satritama Nugraha. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI LINTAS MINATAKELAS X IPA 4 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta, yang berfokus pada mata pelajaran Sosiologi Lintas Minat, dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan rincian tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4, guru, dan proses belajar mengajar mata pelajaran Sosiologi Lintas Minat yang ada di SMA Negeri 8 Surakarta. Data yang diperoleh berasal dari informan, dokumen, arsip, tempat, dan peristiwa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Pengujian data menggunakan teknik triangulasi metode. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memahami skema model pembelajaran Mind Mapping dan mampu mengaplikasikannya dengan baik. Siswa kelas X IPA 4 mampu memahami model pembelajaran Mind Mapping dan telah terbukit model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi dalam mata pelajaran Sosiologi Lintas Minat, ditandai dengan meningkatnya hasil tes yang dilaksanakan secara progresif, yang telah dilaksanakan pada bulan Januari-April 2018. Dari penelitian terseut didapatkan hasil belajar yang meningkat, Dimana pada tahap pra tindakan setelah melakukan penerapan model pembelajaran dan melakukan tes, siswa kelas X IPA 4 memperoleh hasil belajar dengan 24,13% meningkat pada siklus 1 mencapai 44,82%, hingga peningkatan yang mencapai indikator pada siklus 2 yaitu sebanyak 79,31%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: pembelajaran sosiologi lintas minat, model pembelajaran Mind Mapping.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 14:32
    Last Modified: 14 Feb 2019 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43307

    Actions (login required)

    View Item