Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Pembelajaran yang Diterapkan Guru Dan Tersedianya Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

ROJIYYAH, NUR SAKINAH (2019) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Pembelajaran yang Diterapkan Guru Dan Tersedianya Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (440Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Sakinah Rojiyyah Putri Setiawan. K7412131. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DAN TERSEDIANYA SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: (1) pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang diterapkan guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta.; (2) ketersediaan sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta. (3) persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang diterapkan guru dan tersedianya sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK 1 Surakarta sebanyak 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang didukung dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang diterapkan guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga t_hitung > t_tabel yaitu 2,089>2,009 dengan taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga t_hitung > t_tabel yaitu 2,089>2,009 dengan taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan metode pembelajaran yang diterapkan guru dan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga F_hitung > F_tabel yaitu 6,096>3,81 dengan taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Sarana dan Prasarana Belajar, Prestasi Belajar ABSTRACT Nur Sakinah Rojiyyah Putri Setiawan.K7412131. THE EFFECT OF TEACHER’S LEARNING METHOD AND LEARNING FACILITY TO THE STUDENT’S ACHIEVEMENT ON THE ARCHIVE COURSE OF TENTH GRADE OF OFFICE ADMINISTRATION DEPARTMENT AT THE STATE VOCATIONAL SENIOR HIGH SCHOOL 1 SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 . Skripsi, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2018. The objective of the research is to find out whether or not there was: (1) an effect of teacher’s learning method to the student’s achievement on the archive course of tenth grade of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta; (2) whether or not there was an effect of learning facility to the student’s achievement on the archive course for tenth grade of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta; (3) whether or not there was a simultaneous effect of teacher’s learning method and learning facilities to student’s achievement on the archive course of tenth grade of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta. This research used quantitative research method. The population was all of the students in tenth grade of Office Administrasion at State Vocational Senior High School 1 Surakarta in Academic year 2017/2018 as many as 107students. The sampling technique used in this research was proportionate random sampling. The data of this research were gathered using questionnaire and documents. Multiple regression was used to analyze this research using SPSS release 22.0. The result shows (1) there was a significant positive effect of teacher’s learning method to the student’s achievement on the archive course of tenth grade students of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta. It can be seen from tobs.>ttable or 2,044>2,009 at significance level of 5%. (2) There was a significant positive effect of learning facilities to the student’s achievement on the archive course of tenth grade students of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta. It can be seen from tobs.>ttable or 2,089>2,009 at significance level of 5%. (3) There was a significant positive simultaneous effect of teacher’s learning method and learning facilities to the students achievement on the archive course of tenth grade students of office administration department at State Vocational Senior High School 1 Surakarta. It can be seen from Fobs.>Ftable or 6,096>3,81 at significance level of 5%. Keywords: Learning Method, Learning Facility, Student’s Achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 14:29
    Last Modified: 14 Feb 2019 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43306

    Actions (login required)

    View Item