Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Siswa pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Jaten

Aulia, Isyfan Ihda (2019) Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Siswa pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Jaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (277Kb)

    Abstract

    Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi operasi bentuk aljabar, terkadang siswa melakukan kesalahan yang disebabkan kesalahan dalam mengonstruksi konsep tersebut. Bentuk-bentuk kesalahan konstruksi konsep berdasarkan Subanji terbagi menjadi empat: (1) konstruksi semu, berupa pseudo benar atau pseudo salah, pseudo benar terjadi ketika siswa menjawab dengan benar namun proses penalarannya keliru, sedangkan pseudo salah terjadi ketika siswa menjawab dengan salah namun proses penalarannya benar, (2) lubang konstruksi, terjadi saat siswa tidak memahami suatu konsep karena belum sepenuhnya menguasai materi prasyarat yang dibutuhkan, (3) kesalahan dalam berpikir analogi, timbul dari kesalahan siswa saat menganggap suatu konsep sama dengan konsep yang lain padahal sebenarnya berbeda, (4) kesalahan dalam berpikir logis, terjadi ketika siswa membangun suatu konsep dengan penalaran yang tidak logis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesalahan konstruksi konsep yang dialami siswa pada materi operasi bentuk aljabar, serta mengetahui penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Subjek penelitian kualitatif ini sebanyak 4 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jaten tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti dengan instrumen bantu, yakni tes tertulis dan pedoman wawancara, kemudian data yang diperoleh diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi waktu. Proses analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan konstruksi konsep pada materi operasi bentuk aljabar sebagai berikut: (1) konstruksi semu, berupa kesalahan pseudo benar, yang terjadi saat siswa mengandaikan variabel sebagai suatu benda dan saat siswa melakukan prosedur operasi penjumlahan bentuk aljabar, (2) lubang konstruksi, di mana siswa tidak memahami secara menyeluruh konsep penjumlahan, perkalian, dan perpangkatan, baik pada bilangan bulat maupun bentuk aljabar, siswa tidak memahami konsep suku dan makna variabel, (3) kesalahan dalam berpikir analogi, terjadi saat siswa membangun konsep perkalian bentuk aljabar menggunakan penalaran yang sama dengan konsep penjumlahan bentuk aljabar dan saat siswa menganggap suatu bentuk aljabar berlaku sama dengan bentuk aljabar lain, (4) kesalahan dalam berpikir logis, terjadi ketika siswa menganggap ekspresi perpangkatan sama dengan ekspresi perkalian dan ketika siswa menganggap suatu ekspresi aljabar sebagai “rumus aljabar” dengan melihat ciri-cirinya berupa adanya tanda kurung dan kuadrat. Kata Kunci: Kesalahan Konstruksi Konsep, Konsep Matematika, Operasi Bentuk Aljabar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 14:22
    Last Modified: 14 Feb 2019 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43305

    Actions (login required)

    View Item