PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Afifah, Maya (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    Maya Afifah. K2314025. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa. Teknik validitas data yang digunakan adalah metode triangulasi. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah tdeskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) pada materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan ketuntasan penilaian Keterampilan Proses Sains siswa melalui observasi dari tahap Prasiklus, Siklus I, hingga akhir Siklus II, yang berturut-turut berkisar dari 4,44% hingga 32,22%; 34,44% hingga 58,33%; serta 67,00 % hingga 83,33 %. Hasil tes KPS juga menunjukkan peningkatan dari tahap Prasiklus, Siklus I, hingga akhir Siklus II, yang berturut-turut berkisar dari 4,67 % hingga 41,33 %; 39,00 % hingga 75,83 %; serta 70,17 % hingga 90,33 %. . Kata kunci : Model Pembelajaran SSCS, Keterampilan Proses Sains, Usaha dan Energi, Penelitian Tindakan Kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 14:04
    Last Modified: 14 Feb 2019 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43300

    Actions (login required)

    View Item