Pengaruh media pendingin pada pengelasan baja s45c menggunakan metode pengelasan gas metal arc welding terhadap kekerasan dan struktur mikro

Rahcmadani, Rahcmadani (2019) Pengaruh media pendingin pada pengelasan baja s45c menggunakan metode pengelasan gas metal arc welding terhadap kekerasan dan struktur mikro. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (745Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pendingin terhadap struktur mikro dan nilai kekerasan pada paduan baja S45C sebelum (raw material) dan sesudah pengelasan menggunakan metode las Gas metal arc welding (GMAW). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Alat yang digunakan untuk uji struktur mikro adalah Olympus Metallurgycal Microscope dan uji kekerasan menggunakan Vickers Hardness Tester. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil struktur mikro menunjukan peningkatan struktur perlit setelah pengelasan. Pada raw material, struktur ferit terlihat merata akan tetapi pada hasil pengelasan GMAW yang telah melakukan pendinginan dengan mengguakan media pendingin air, udara, dan oli menunjukan bahwa ferit berkurang pada masing-masing spesimen, sehingga struktur perlit sangat mendominasi. Nilai kekerasan dan struktur mikro pada hasil pengelasan dengan menggunakan media pendingin air, oli dan udara menunjukan perbedaan tingkat kekerasan dan struktur mikronya. Spesimen dengan media pendingin air di posisi titik uji Heat Affected Zone (HAZ) mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi yaitu 315.4 VHN jika dibandingkan dengan spesimen yang menggunakan media pendingin oli sebesar 268.7 VHN dan media pendingin udara sebesar 177.4 VHN. Spesimen dengan media pendingin Air struktur mikronya di bagian Heat Affected Zone (HAZ) terlihat lebih banyak perlit yang merata di bandingkan dengan spesimen yang menggunakan media pendingin lain, atau bisa disimpulkan semakin menjauh dari daerah Las dan HAZ maka kandungan perlit semakin mengecil. Penelitian ini menunjukan bahwa pengelasan menggunakan variasi media pendingin merubah struktur mikro dan berpengaruh kepada nilai kekerasan pada paduan baja S45C. Kata Kunci : Pengelasan Gas metal arc welding (GMAW), paduan Baja S45C, struktur mikro, kekerasan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:53
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43296

    Actions (login required)

    View Item