PENGARUH GUIDED INQUIRY DALAM PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM IMUN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO

I, MONICA NANDAHAYU (2019) PENGARUH GUIDED INQUIRY DALAM PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM IMUN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (81Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Monica Nandahayu I. K4313046. PENGARUH GUIDED INQUIRY DALAM PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM IMUN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan penguasaan konsep pada Sistem Imun kelas XI di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh warga di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Sampel penelitian diambil, yaitu 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan uji t-test diketahui nilai signifikansi Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig. (0,000) < α (0,05) maka hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA materi sistem imun antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided inquiry dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran direct learning. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep materi sistem imun pada siswa kelas XI. Kata kunci : Guided Inquiry, Mastery Concept, Immune System

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 14 Feb 2019 13:49
    Last Modified: 14 Feb 2019 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43294

    Actions (login required)

    View Item